Monday, September 22, 2008

tidur di kebon

22 sep 08

 

hari ini saya baca multiply sepupu saya, dik Endah, tentang panen jagung di kebon-nya.  jadi ingat masa kecil, tidur di kebon.

berpuluh tahun lalu .... kala beta masih smp ..... hehehe

bapaknya dik Endah adalah oom Probo, yang adalah adik ibu-ku, punya kebon dipinggiran kota salatiga.  oom Probo mendirikan rumah panggung dari kayu di tengah-tengah kebon.  rumah panggung tanpa listrik, yang kalau malam pakai ’senthir’.  oom Probo suka ’nyepi’ untuk menulis.

rumah panggung ini sederhana.  ada teras dan ada kamar tidur.  dibawah ada kamar untuk yang jaga kebon, kamar mandi sederhana dan dapur.  tempat yang paling enak adalah duduk-duduk di teras atas, sambil ngobrol atau nyanyi-nyanyi , sambil menikmati pemandangan.  kelihatan rawa pening ber’background’ kota ambarawa dengan salib gereja katolik yang kelihatan samar-samar.  kalau malam, kelihatan lampu kota ambarawa kelap-kelip.

nah, suatu hari minggu sore pulang dari kebon bersama sepupu saya dik Widi dan Titik.  kami bertiga naik sepeda dan harus melewati ’bong’ (kuburan cina) .  kami tidak pernah takut melewati bong ini, selama masih terang .... hehehehe..... 

jalanan dari arah bong ke jalan besar menurun.  dari arah atas sepeda sudah saya rem setengah mati, tapi rem-nya tidak ’pakem’.  sepeda meluncur terussssssssss.... tidak mau melambat - wadhuh, sudah dekat jalan besar – piye iki.....  dari pada ketabrak mobil, terpaksa sepeda saya rem pakai kaki.... alias saya turun dari sepeda, dalam keadaan sepeda masih jalan....  akibat saya terpelanting dan ’nyrosot’, dan akibatnya kedua lutut dan tulang kering-ku bonyok, telapak tangan kiri-kanan babak-bundhas berdarah-darah tertancap batu - wadhuh sakittttt....  mau nangis malu....  dik Widi dan Titik tertawa geli antara kasian dan geli melihat saya jatuh gaya kodok, jadinya saya ikut tertawa juga.  okey, melanjutkan perjalanan pulang dengan rasa perih....

akhirnya sampai juga dirumah.  setelah mandi ibu membawa saya ke dokter untuk suntik anti tetanus, karena di salatiga banyak kuda yang memproduksi ’tlethong’ :D, yang katanya salah satu penyebab tetanus ...

paginya .... wadhuh .... kaki dua-duanya gak bisa ditekuk, kaku semua.  terpaksa saya kesekolah naik dokar.....  nasib, gara-gara ’rem blong’..... seminggu lebih saya gak bisa naik sepeda....

12 comments:

  1. waaaaah mama ..., pake malu2 segala :D nangis aja .
    Sekarang kalo lewat situ lagi gimana ?

    ReplyDelete
  2. lewat situ lagi? jalan kaki aja ..... :D

    ReplyDelete
  3. Itu kebon Soka ya mbak. Pengalaman lucu kalau diceritakan sekarang. Tapi waktu itu, ketawanya pasti kecuuuut banget. Pemandangan dari rumah panggung bagus, tempatnya tenang, sayangnya gak ada makanan, harus bawa sendiri, hehe...

    ReplyDelete
  4. kecut banget, setengah nangis .... perih ora jamak

    ReplyDelete
  5. Oh, ternyata Budhe pernah toh naik sepeda sampe ngebut begitu (walaupun nggak sengaja...). Nggak kebayang ih.. hehehe...

    ReplyDelete
  6. coba dibayangkan ..... tapi budhe belum gendhut seperti sekarang lho.... hehehehe

    ReplyDelete
  7. Naik sepedanya sekarang bisa diulang lho mbak, sama mas Agni, tapi gak pake jatoohh,,
    aku sekarang sedang tiru=2 bapak bikin gubuk di kebon, tapi disana pemandangannya lain, gak kalah asyiknya , selain sawah, bagi yg suka, trutama kalau jam pagi dan sore waktu mandi, karena bidadari-2 desa jam-2 begitu pada nyuci baju, dan terakhir nyuci dirinya, .. tempatnya gak pake tutup-2 an.. alamiah heehehhe

    ReplyDelete
  8. bilangin sama yang mandi - ati-ati, nanti ada joko tarub.... :D
    wah, yen pas nang solotigo kudu di tiliki ......

    ReplyDelete
  9. kenangan masa kecil selalu menyenangkan, seandainya waktu bisa diputar mundur .....

    ReplyDelete
  10. wah kenangan ini tak terlupakan ya mbak. pas mbak niek jatuh ikut pula rantang-rantang kosong itu klontang..klontang nggelundung sampe ke bawah. masing-masing kita bawa sangu, luar biasa enaknya makan di kebon. (padahal cuma tempe sama oseng2 ya). aku bersyukur sekali atas hari-hari yang menyenangkan di masa lalu. Inget nggak mbak cara nglurusin stang sepeda kalo abis jatuh? wuahaha bisa dipraktekkan kapan. Trimakasah mbak sudah menyegarkan ingatan, ini aku nulis sambil senyum2.

    ReplyDelete
  11. diputar mundur... aku ya tetep gendhut ... hhehehehe

    ReplyDelete
  12. hahahaha...... aku malah lali yen nggawa rantang ..... pokoke - masa lalu itu kenangan manis ya Dhit .....

    ReplyDelete