Tuesday, November 4, 2008

kita yang salah?

peristiwa 1

lokasi – jl. raya cipadu

angkot sembarangan berhenti ditengah-tengah pertigaan – nunggu penumpang yang belum tentu mau naik angkot-nya, menghalangi orang yang mau belok.  setelah diklakson, baru deh pindah pelan-pelan dengan wajah yang males-malesan

aku          :               njelehi angkot itu, berhentinya kok ngawur, udah tau jalannya sempit gini

suami      :               ya mereka merasa bener – liat tuh tampangnya blo’on kan

aku          :               heran aku, apa waktu ambil SIM gak diajari etiket jalan ya?

suami      :               emang punya SIM?

aku          :               iya ya, apalagi di daerah ini jarang ada polisi

suami      :               hehehehe..... yang salah itu kita

aku          :               kok bisa?

suami      :               karena kita hidup ditengah-tengah masyarakat yang sebagian besar seperti itu.

                                yang jalan pikirannya  seperti itu, yang polah tingkahnya seperti itu

                                jadi yang salah kita ....

aku          :               iya ya .... jadi musti gimana dong

suami      :               ya ... yang waras ngalah

 

 

peristiwa 2

lokasi – jl. ciledug raya - traffic light pertigaan jl. mesjid

lampu merah, mobil kami paling depan dan berhenti di sebelah kiri.  dari belakang di klaksonin terus sama metro mini 69 – minta jalan.  kenek turun dan memberi aba-aba untuk terus.

aku          :               (dengan senyum) lampunya merah pak, harus berhenti

kenek      :               jalan aja terus bu – gak papa

aku          :               (tetap dengan senyum) gak pak, nunggu hijau

kenek      :               wah payah nih (wajahnya kesel )

suami      :               udah diemin aja – kan aku udah  bilang, kita yang salah

 

 

peristiwa 3

lokasi – jl. raya pondok aren.

ada mobil mau keluar dari parkiran.  tukang parkir sudah menyetop, mobil kami sudah berhenti begitu juga mobil-mobil di belakang kami.  seperti biasa motor-motor gak mau sabar, gak mau nunggu, nyeruduk terus, sampai nyaris tertabrak mobil yang keluar dari parkiran tersebut.

aku          :               kok ya gak mau nunggu sebentar gitu lo, paling juga gak sampai semenit

suami      :               mereka gak mau nunggu, bagi mereka nunggu itu ’haram’

aku          :               ampyun tenan kok.....

suami      :               hehehehe.... kan udah tak bilang ’kita yang salah’

 

 

peristiwa 4

lokasi – jl. ciledug raya, menjelang perempatan seskoal.

hujan besar, jalur arah ciledug ngantre.  tiba-tiba dijalur kanan arah blok-m ada pick-up barang keluar dari sebuah rumah, bukannya belok kiri, malah langsung belok kanan melawan arus, karena mau ke cidodol yang belokannya hanya 100m dari tempatnya keluar  ... gak mau rugi dia, lebih baik ngawur ! ! !

aku          :               ich, mobil itu ngawur nglawan arus.  bikin tambah macet aja ! ! !

                                (sadar) - ooo iya ya pah, kita yang salah ya ....

suami      :               (senyum) .... lha kan udah tau ....

 

wah masih banyak deh yang seperti itu...... lama-lama mikir juga aku – apa betul kita yang salah?  apa betul kita yang berpikiran bener harus ikutan salah?  huh, gak tau deh ....   

 

'saiki jamane edan - yen ora edan ora keduman'

ramalan Djojobojo

 

 

 

5 comments:

  1. mbak itu komentar mas Agni dan renungan mbak Niek itu patut masuk KOMPAS biar yang baca lebih banyak - di bagian renungan lho--, hehe. Bener. Kalo bosen 'disalahin' cari tempat yang ga bikin stress aja, tapi tunggu pensiun dulu.

    ReplyDelete
  2. yes, bener banget.... enak ya pensiun iku? :D

    ReplyDelete
  3. daerah cipadu tuh emang gila2 an angkotnya berasa yang punya tanah..sekonyong2 nya aja kalo berenti...hehehehhe

    ReplyDelete