Friday, January 21, 2011

sakit harus dilawan

Kemarin, gara-gara ‘jengkeng’ (berlutut), jempol kaki kananku ‘kram’.  Walau hanya sebagian kecil dari tubuhku, tapi suakitnya ‘ruar biasa’ kalau dipakai ‘napak’ suakit sekaleeee.  Sama Tyas dan Irvi, kakiku disuruh lurus, terus mereka menarik kakiku kearah berlawanan agar lemas kembali.  Waktu disuruh jalan, wuaduh, sakit sekali untuk menapak.  Enaknya jalan sambil setengah jinjit.  Malam, sebelum tidur, sama mas Agni digosok dan agak diurut pakai ‘counterpain’.  Sakiitttt…..

 

Seperti biasa, pagi-pagi jam 4:45 aku sudah bangun, dan siap-siap mau jalan kaki.  Tak dipakai ‘napak’ kok masih sakit ya.  Ach, cemen ach, harus tetap jalan.  Mungkin dipakai jalan malah akan jadi sembuh.  Sebelum pakai kaos kaki, kakiku tak gosok pakai counterpain, dan siaplah aku untuk jalan pagi.  Langkah pertama aku nyengir kesakitan juga sih, tapi tetap tak paksa jalan.  Sambil jalan, aku menertawakan diriku sendiri.  Masak cuma sakit bekas kram saja jadi manja, ngeluh.  Bagaimana kalau seperti Yessica (teman paduan suara).

 

Yessica, yang belum 30 tahun,  terkena kelainan ‘gen’ dalam darahnya, yang menyerang persendiannya, sampai gak bisa jalan.  Sampai Yess harus berhenti kerja dan pulang ke rumahnya di Salatiga untuk menjalani pengobatan yang intensive.  Tapi dalam keadaan kesakitan seperti itu, Yess masih tetap bersuka-cita, masih tetap guyon.  Statusnya di ‘efbi’ selalu ceria di tengah-tengah kesakitan….  Salah satunya, ketika Yess harus ke rumah kost-nya yang dilantai 4: “aku pasti ntar kuat naik tangga…. kuat-kuat…. lantai 4 kecilllll “, atau ketika Yess harus ke Jakarta naik pesawat: sampai Jakarta yay.  enaknya naik kursi roda bandara wkwkwkwk.  Bersenang-senang dulu sebelum ngos-ngosan naek tangga kost”.  Kelihatan Yess berkeras hati untuk melawan sakitnya.

 

Sambil berjalan, aku memikirkan Yess.  Dengan sakitnya yang parah masih bisa tertawa-tawa.  Aku, yang cuma ‘kram’ kok ngeluh.  Sambil berjalan aku berdoa kiranya TUHAN memberikan kekuatan dan kesembuhan pada Yessica.

 

Tak terasa 45 menit lewat dan aku sudah kembali ke rumah.  Tak rasa-rasain kok kakiku masih sakit, tapi tidak suakiiitttt sesakit sebelumnya.  Tak oles counterpain lagi dan tak pakai nyapu dan ngepel.  Habis mandi tak oles lagi….  sekarang sudah sembuh, walaupun kalau di pegang masih terasa sakit.

 

Thanks ya Yess, kamu mengingatkan aku untuk tidak manja.  Doaku untuk Yessica, cepat sembuh, agar dapat menjalani kehidupan masa mudamu dan selanjutnya dengan kesehatan yang diberikan TUHAN.  Tetap bersuka-cita dan bersyukur dengan apa yang ada padamu sekarang ini dan kedepan nanti.

 

bsd city - jan 21, 2011

 

 

 

(photo-photo diatas diambil tgl 19 sep 2010.  yessica masih bisa jalan, tapi kakinya sudah sakit.  sooo.... teman-teman yang mendekat yess untuk photo bersama.....)

6 comments:

  1. Cepet sembuh ya Yess ... juga buat mbakku yang tercinta, mbak Niniek.

    ReplyDelete
  2. kalau aku sudah sembuh Chel...... thanks ya....

    ReplyDelete
  3. Cerita dan pengalaman yang menginspirasi mbak Niek. Semoga sekarang sudah gak sakiiit.. Ikut mendoakan Yessica juga... Gbu.

    ReplyDelete
  4. iya d'Wil.... sikilku wis mari, ri, ri.
    hari ini Yess mbalik salatiga, karena kudu berobat intensive nang ungaran, nang dr. timotius, dan terpaksa metu nyambut gawe.

    ReplyDelete
  5. kaki-ku udah normal kembali..... lha cuma kram kok. harus dipaksa gerak, biar cepet lemes....

    ReplyDelete