Thursday, November 1, 2007

PANIK - Panik - panik .....

29 October 2007

 

16:30     

Aku dalam perjalanan pulang:  ‘Pah, aku pulang dulu ya.  Papah pulang jam berapa?’

M’Agni :               Belum tau nih, ada laporan yang harus siap besok pagi-pagi untuk pak Menteri’

Aku        :               Ya udah, jangan malem-malem ya – daag’

 

21:00

Aku        :               Udah sampai dimana?

M’Agni :               Masih dikantor.  Sebentar lagi selesai kok.

 

22:15

Aku        :               Pah, udah pulang?

M’Agni :               Udah – udah sampai depan Belleza

Aku        :               Ya wis, tak tunggu.

 

Sehabis telpon, aku masuk kamar, nyalain tv dan tidur-tiduran sambil nunggu mas Agni pulang.

 

23:00

Mas Agni pulang.  Aku bangun mau bikinin minum, ternyata sudah dibuatkan pembantu.  Mas Agni naruh tas kantornya, terus ganti baju.  Aku masuk kamar lagi.  Mas Agni nyusul bawa sepiring pepaya.  Sambil makan kita ngobrol sekitar 10 menitan.  Kemudian mas Agni keluar dan masuk kamar mandi.  Aku matiin tv dan siap-siap tidur…

 

Tiba-tiba …. aku dengar mas Agni panggil-panggil dengan suara yang tidak biasa.  Aku cepat-cepat lari dan mendapatkan pintu kamar mandi terbuka.  Mas Agni duduk di kloset sambil mengaduh ’punggungku sakit, sakit sekali’.  Aku coba urut semampuku.  ’Aduh, kok sesak nafasku ya... jangan-jangan jantung’.  Aku liat wajah mas Agni pucat, pucat-cat.

 

Sebetulnya aku juga panik, tapi tetap berusaha tenang.  Cepet-cepet aku selesaikan mandinya,  aku andukin, aku tuntun pelan-pelan ke kamar, aku suruh tiduran dan memakaikan baju. 

 

M’Agni :               ’Cepet Mim, telepon mas Pur (tetangga sebelah), minta tolong ke rumah sakit.  Aku takut kalau jantung’.

Aku        :               ’Tenang mas, berdoa.  Ini bukan jantung, kayaknya kamu kena kram perut.  Kalau jantung itu dada kiri sampai ke belakang pundak.’

M’Agni :               ’Sesek Mim, sulit nafas... aduh… aduh….’

 

Aku cepet-cepet telepon tetangga sebelah datang kerumah dan kemudian mengantarkan kami ke UGD RS Sari Asih.  Aku juga mencoba menelpon mas Donny & mbak Christine untuk memberitahu bahwa, aku harus ke UGD membawa mas Agni.  Perus mas Agni tampak keras.  Mas Agni sangat kesakitan.  Badannya basah kuyup karena menahan sakit, panik dan takut.  Aku terus menerus berusaha menyakinkan mas Agni (dan mungkin diriku sendiri juga) bahwa, ini bukan serangan jantung.

 

23:45

Sepanjang perjalanan ke RS, aku dengar mas Agni berdoa dalam kesakitannya.  Aku terus berusaha tenang walaupun rasanya gak karuan.  Untung jalanan sudah sepi.  15 menit sudah sampai di RS Sari Asih.

 

24:00

Dengan tempat tidur dorong mas Agni di masukkan ke UGD.  Suster segera memasang oxygen, infuse serta mengambil darah.  Kemudian disuntikkan valium ½ ampul, tramal untuk mengurangi rasa sakit dan satu lagi obat yang aku tidak tau namanya.  Rekam jantung segera dilakukan, karena mas Agni mengeluh sesak nafas.  Kira-kira 10 menit kemudian mas Agni agak tenang.  Aku juga mulai tenang karena sudah tertangani.  Kemudian mas Agni bisa tidur.  Dalam posisi tidur keliatan sekali kalau perutnya mengeras dan kalau dipegang sakit.

 

30 October 2007

 

02:00 dini hari

Dokter memanggil aku untuk menerangkan hasil rekam jantung dan lab darah.  Semuanya bagus, tidak ada masalah dengan jantung.  Yang pasti adalah kram perut, yang tidak tau penyebabnya, mungkin kecapekan.  Dokter bilang gak perlu dirawat.  Nanti kalau sudah tenang dan berkurang rasa sakitnya, boleh pulang.  Puji syukur dan terima kasih TUHAN.

 

03:00

M’Agni :               ‘Boleh pulang gak Mim?  Aku risih, bajuku basah.’ (saking paniknya, aku lupa bawa baju serep!)

Aku        :               ’Dokter bilang boleh Pah.  Tak panggil suster dulu, biar infusnya dicopot’.

 

03:30

Kami meninggalkan RS Sari Asih.  15 menit perjalanan sudah sampai rumah.  Terima kasih mas Pur, mbak Wik dan Andri, sudah ngrepoti malem-malem sampai pagi.  Sekali lagi terima kasih.

 

Baju mas Agni yang basah kuyup aku ganti, terus dia minta teh panas.  Setelah itu tiduran dan mencoba tidur.  Tapi sebentar-sebentar bangun, ‘ulu atiku sakit’, katanya.  Sekitar jam 5:30 minta teh panas lagi dan minum tramal.  Karena tramal dia bisa tidur sampai menjelang makan siang.

 

Itulah ’kehebohan’ di hari selasa dini hari, yang membuatku tidak masuk kantor.  Itulah ’kehebohan’ yang membuatku tambah dekat dengan-NYA, karena tanpa kekuatan dari TUHAN, aku tidak bisa setenang saat itu.

 

1 November 2007

 

Sekarang mas Agni masih dirumah.  Kemarin sore badannya panas, perutnya kembung.  Jadi aku antar mas Agni ke dokter.  Aku ceritakan ke dokter kejadian kram perut.  Setelah diperiksa, dokter memperkirakan para-tipus karena lidahnya putih semua.  So, mas Agni harus istirahat lagi.  Hari ini aku mau pulang cepet, nemenin mas Agni lagi.  Kasian sendirian di rumah.

 

60 comments:

  1. adduuuhh...syukurlah ga knapa2...*fuih*
    aku bacanya jadi ikutan panik.. :S :p

    ReplyDelete
  2. waah sakit ya Pa Oen ..., salam ya Ma, semoga cepet sembuh....

    ReplyDelete
  3. apalagi liat muka pa oen waktu itu... thanks ya Al

    ReplyDelete
  4. salam nanti tak sampaikan. makasih ya Nan.

    ReplyDelete
  5. Huah, bener kata alis, melok panik mbacanya,
    Pheeew.. Salam buat pa' Oen ya, mom.. Smoga cepet sembuh.. :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Nik...bacanya ikut prihatin...

    tapi untung Mbak Nik ngak ikutan panik....
    cepet sehat buat Pa oen....

    ReplyDelete
  7. Semoga cepat sembuh ya....Banyak istirahat mungkin bantu :)

    ReplyDelete
  8. astagaa Mam...jadi deg-deg-an aku bacanya... semoga cepet sembuh ya...

    ReplyDelete
  9. mungkin karena kebanyakan mampir di tenda di depan pasar modern bsd, kali, mam... :P :)))

    ReplyDelete
  10. yang jual kepiting montok itu ya? sslluuurrpp.... ah Alice, Papa Oen lagi sakit neh. Kita bezoek yuuukkk

    ReplyDelete
  11. papa oen............
    semoga cepat sembuh.........

    ReplyDelete
  12. Puji Tuhan mbak, sudah ditangani dengan baik sekali. Mudah-mudahan terus menerus membaik dengan cepat. Juga kiranya mbak Niek merawat dengan tetap tenang seperti itu dan penuh kasih. Salam doa utk mas Agni. Gbu.

    ReplyDelete
  13. Tenik,salam buat antique ya... mudah-mudahan cepet baikan...
    istirahat yang cukup.... Gbu...

    ReplyDelete
  14. Wah Tenik kok ga kabar-2 see, meskipun aku saiki ra entuk nyopir tapi kan bisa minta tolong. Yo wis 'untunglah' semuanya sudah teratasi, tinggal antik banyak istirahat ya? Kekeselan so pasti. Shad juga udah brkt ke Jerman s/d tgl 7 Nov baru pulang, aku yo wis nitip-2 'jaga kesehatan' wong wis tuwo-2, pasti ono-2 wae.
    Aq wingi juga ditelp bdNN nek Yayut dawah maneh, ora kersonang RS, dadi udan-2 deres wingi tilik nangCipete, ekh malah mas Toto sing diare (wis seminggu?), dadi dirawat nang RSPI # 5404 sejak wingi s/d (perkiraan) 6 Nov. Gitu deh kabar-2 keluarga Ten. Ya mohon saling mendoakan saja yang terbaik buat kita smeua, Amin. Ibunya 3T.

    ReplyDelete
  15. ibu, salam buat bapak ya..semoga cepat sembuh..amin

    ReplyDelete
  16. makasih ya Pe - biar bisa jalan bareng motret ya...

    ReplyDelete
  17. Sherry, terima kasih. Mungkin memang lagi disuruh istirahat sama TUHAN ... hehehehe....

    ReplyDelete
  18. kalau pa oen udah sehat, kesana lagi yuuuukkkkk......

    ReplyDelete
  19. uda Indra - terima kasih. masih di medan kah?

    ReplyDelete
  20. salam toek pa Oen ya, Mam...
    cepet sembuuuh...
    kalo sudah sembuh... kita refreshing lagi yaa..

    ReplyDelete
  21. Dik Wil - matur nuwun pandongane. Salam buat dik Dan & Atok.

    ReplyDelete
  22. ini yg paling ditunggu..
    :D
    kalo pa Oen udah fit lg.. kita brangkat ke Ciwidey!

    ReplyDelete
  23. iya mbak. olehe ngabari piye, wong kejadiane tengah wengi. tapi saiki wis mulai membaik kok. nuwun ya.

    ReplyDelete
  24. Niken, terima kasih. Mudah-mudahan senin sudah bisa masuk kerja ya.

    ReplyDelete
  25. nanti tak bilangin, biar memacu kesembuhan ... hehehehe.....

    ReplyDelete
  26. masih mama oen.......:(
    demi segenggam berlian.......... :))

    ReplyDelete
  27. ya ampyun.. dramatis buanget mba.. gak ngebayang deh kalo diriku berada di TKP saat itu. huebat mba Nik bisa teteub stay calm & cool. Banyak istirahat buat pakde, nikmatin masa jedah dengan tenang, TUHAN kita baik, DIA tau apa yang paling pakde butuhkan saat ini. GOD bless !

    ReplyDelete
  28. sampein salam dan ciumku buat mbah kakung ya uti.Cepet sembuh dan banyak istirahat

    ReplyDelete
  29. Semoga cepat sembuh. Bagaimana keadaannya hari ini ?

    ReplyDelete
  30. makasih San. sekarang sudah berangsur-angsur baik, semuanya juga karena campur-tangan-NYA saja.

    ReplyDelete
  31. nanti tak sampaiin .... makasih ya Nut.

    ReplyDelete
  32. makasaih Suifung - sekarang sudah tambah baik.

    ReplyDelete
  33. mimm..? kok nggak ngasih tau...?
    skrg mas Anik gmn? masih istirahat? udh ke dokter lagi/cek darah ke lab, utk mastiin itu para-typus atau bukan?

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah papa oen sudah mendingan,
    banyak2 istirahat ya papa oen sayang
    dan jagain papa oen ya, mama oen sayaaanng
    semoga cepet sembuuhhh

    lots of love,
    deedee

    ReplyDelete
  35. Mudah2an Oom Agni cepat sembuh ya Tante.....

    ReplyDelete
  36. ngasih tau gimana, wong tengah malem gitu. aku telp mas donny sama mentik. skrg mas anik di rumah, istirahat dan sudah jauh lebih baik. nanti kalau udah sehat mau tak suruh medi-check.

    ReplyDelete
  37. gimana kabar pa oen, mam ? dah baikan kah ?
    banyak istriharat biar cepet sembuh

    ReplyDelete
  38. Wah aku baru baca nih Bumer, dikira judulnya 'panik' tuh soal kemacetan... Puji Tuhan PakMer tertangani dg cepat, gimana sekarang? Semoga udah sehat seperti sediakala ya... Kami doakan dari jauh. Dan puji syukur Bumerku yang panikkan kalo soal PakMer tersayangnya ini bisa juga tenang disaat dibutuhkan... :-)

    ReplyDelete
  39. Budhe, gimana kabarnya sekarang? Mudah2an pakdhe sudah makin sembuh.

    ReplyDelete
  40. wah..wah..baru baca nih..ma oen. Semoga sekarang udah baikan ya..kaget juga.
    Aku pernah juga kram perut begitu..tapi begitu sampe UGD hilang rasa sakitnya..masih misteri kenapa langsung hilang (padahal perjalanan dari tangerang ke RS St Carolus sakitt sekali plus keringat dingin)..tapi aku tau kenapa rasa sakit tersebut hilang begitu aku melentangkan badan di kasur R UGD. Sampai aku keluar RS tidak ada rasa sakit dan penyakit yang ditemukan (seminggu di rawat dan diperiksa)... God Bless!!
    Salam buat opa oen..

    ReplyDelete
  41. Nanaaaaaa.......... tengkyu. pura-pura tenang, pedehilllll...... sekarang masalahnya lain lagi. perutnya perih, jadi pagi ini (senin pagi) ke rs pertamina ke internist yang nangani pak-mer. mudah-mudahan gak ada yang serius.

    ReplyDelete
  42. thanks ya Leo - kata dokter umum di perutnya banyak virusnya :)

    ReplyDelete
  43. nTe Niek, Puji Tuhan Mas Agni sudah membaik, semoga mas Agni semakin bertambah sehat dan tidak akan kumat lagi. Bangga ya mas Agni punya istri yang sangat sayang, tenang, pinter dan suaranya bagus. Salam untuk mas Agni. MGBY
    Rukmadi & Endah

    ReplyDelete
  44. nTe Niek, Puji Tuhan Mas Agni sudah membaik, semoga mas Agni semakin bertambah sehat dan tidak akan kumat lagi. Bangga ya mas Agni punya istri yang sangat sayang, tenang, pinter dan suaranya bagus. Salam untuk mas Agni. MGBY
    Rukmadi & Endah

    ReplyDelete
  45. mBak Niek, sorry belum bisa tilik mas Agni ya
    zoentjes aja dari kami

    ReplyDelete
  46. lah kok sama..aku juga kayaknya hanya dibilang virus (bakteri?)
    mudah-mudahan tidak serius...

    ReplyDelete
  47. dik Endah & pak Madi - terima kasih doanya. sekarang mas agni disuruh nginep di rspp untuk observasi. sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  48. Mbak Ninik... titip salam buat Mas Agni, semoga cepet sembuh ya.. Mbak juga dijaga kesehatannya ya..
    Tuhan tau yang terbaik buat Mas Agni dan juga Mbak Ninik..
    Take care and GBU..


    ReplyDelete
  49. Hi Mbak Niek, Sejak komputer di reinstall berita Multiply koq tidak keluar lagi. Mbiel yang cerita di Yahoogroup ttg sakitnya mas Agni. Sekarang aku sudah register lagi sudah bisa lihat lagi blognya mbak Niek dengan tampilan yang keren. Smoga mas Agni sudah membaik, kalau bisa mau tilik nih.

    ReplyDelete
  50. makasih Dhit. dongake wae ben cepet sehat & segar.

    ReplyDelete
  51. Nah lho, aku ketinggalan kereta lagi. Semoga Pa Oen sekarang sudah sembuh dan keluar dari RSPP, dan kelihatannya sudah mulai ikutan PTD lagi tg. 1 nanti ini. Saya tadinya pengin, tapi cucu di aqeqah pada tgl yang sama. Selamat menikmati arsitektur Jakarta ya. Photo2nya lho

    ReplyDelete
  52. Oma-ku,
    berkat dukungan doa teman-teman agni sudah sembuh dan sudah pulang minggu sore kemarin (Nov 25) - cukup lama di rspp, 3 minggu. kami mengundurkan diri untuk ptd tgl 1, mas agni masih cuti dokter.

    ReplyDelete
  53. Syukurlah, recuperating tidak kalah pentingnya dengan perawatan di rumah sakit, lebih2 kalau dikelilingi oleh orang2 terkasihnya. Take it easy dan jaga kesehatan sesudah ini, karena ini adalah harta yang paling penting yang diberi oleh Yang Maha Kuasa, termasuk Ninik juga ya, jaga kesehatan. salam kangen dulu kepada kalian berdua

    ReplyDelete