Tuesday, February 7, 2006

PTD PRIOK-PITUNG-TUGU - Cerita dari sisi lain ....

Aku      :           Pah, besok perginya piye?


Agni    :           Pakai mobil aja, parkir di PU, terus naik Trans-Jakarta dari depan Al-Azhar


Aku      :           Asyik, naik Trans-Jakarta sampai Beos…  Kumpulnya kan jam 7:30.  Enaknya kita berangkat jam berapa, pah?


Agni    :           Biar gak buru-buru ya jam 6:00-lah dari rumah.



 


 


Dirumah


Hari Selasa, 31 Jan 06, libur 1 Muharram.  Mata melek dan melirik ke jam dinding, wah udah jam 5:05.  Pagi-pagi cuaca mendung, angin ‘sribit-sribit’, dingin.  Rasanya masih pengin merem lagi, tapi harus bangun nih, kan mau ikut PTD, kan mau berangkat jam 6:00.  Bangun ….  Rutinitas pagi – bikinin teh panas, siapin ‘sarapan’, mandi, dandan seperlunya … siap berangkat.


 


Rumah – PU


Cuaca diluar kok kelabu.  Piye iki.  Jalan terus.  Ciledug Raya lancar.  Sampai di Kebayoran kok masih gelap terus, malah turun gerimis kecil-kecil.  Kirim SMS:


 


Saya     :           Bagaimana ini kok mendung?


Deedee :           Badai pasti berlalu J


[Bener Dee, doamu terkabul – selama PTD hari itu, tak ada hujan sama sekali.  Sayang kamu gak ikut ya … gak ada yang nulis cerita lho!]


 


Sampailah di PU.  Parkir.  Cari ‘rest room’ di gedung utama lantai dasar.  Lega.


 


PU – BEOS


Maksud hati mau ke halte di depan Al Azhar, tapi sudah muter pelataran PU, ternyata semua pintu masuk PU di gembok…. weleh-weleh….  Akhirnya balik lagi ke depan, nyegat KOPAJA 66 di Jl. Pattimura, turun di Ratu Plaza ….. barulah naik Trans-Jakarta.


 


Ini kedua kalinya saya naik Trans-Jakarta.  Karena hari masih terhitung pagi dan hari libur, maka penumpangnya pun belum banyak.  Kami duduk paling depan deretan kiri.  Sopir bus-nya perempuan, pakai jilbab dan cantik.  Tustel dikeluarkan, sopir di photo, kemudian yang motret di potret …..


 


Jalanan Jakarta masih lengang.  Suasana yang tidak semrawut ini enak dilihatnya.  Membuat hati ini juga senang.  Sementara matahari sinarnya mulai muncul sedikit-sedikit dan awan kelabu mulai hilang.   Sampai di BEOS sudah jam 7:30 lebih sedikit.


 


BEOS


 


Aku      :           Pah, dimana sih pada ngumpulnya, kok gak ada spanduk..


Agni    :           Itu tuh disitu, orang kumpul-kumpul itu kan BatMus


[Tumben gak ada spanduk – salah tulis yaaaaa………….]


 


Menuju kerumunan para Batmuser…..  Hallo Indie, hallo Wasti, hallo Lytha, hallo Cindy, hallo Ninta, hallo Hanum … hallo ibu Wisda, hallo Adep, hallo Dini, hallo Evi, hallo oma Anna, hallo Bangko …. wis banyak yang di hallo ….  Ninta & Cindy membagi-bagi kalung nama, roti ‘anak’ buaya dan aqua.  Langsung dimakan saja ach, dari pada disimpen-simpen.  Tepat jam 8:00 [tumben on time] – Ninta mulai hallo-hallo: “….  Kumpul-kumpul …!!!  Karena sudah waktunya, mari kita bersama-sama menuju bis sesuai nomor bis masing-masing.”  Nah, ketika kumpul ini barulah ketemu Pak Amran.


 


Aku      :           Deedee kok gak ikut kenapa Pak?


Pak Amran:     Harus stand-bay di kantor


[Oooooo ….. kacian.]


 


Kami mendapat bis No. 3.  Bis ukuran sedang, berisi 20-an seat.  Yang ada di bis ini antara lain adalah pak Amran, Galuh, Cindy, Cindy lagi dan adiknya Benny, sapa lagi ya ….  termasuk 2 crew Global-TV.


 


Reporter:          Pak sopir, teman saya mau shoot bis-bis berangkat dari BEOS.  Jangan ditinggal ya Pak


Sopir Bb:          Baik bu.


 


Akhirnya …. tarikkkkk …… bis no. 3 pada deretan paling belakang ….


 


BEOS – STATION TANJUNG PRIOK


 


Tidak ada yang istimewa di dalam bis.  Yang ada hanyalah saya yang terbengong-bengong, karena jarang atau malahan tidak pernah pergi ke tempat-tempat yang dilewati bis pariwisata ini.  Belok kanan, belok kiri, belok kanan lagi, belok kiri lagi [emang belok adanya kanan-kiri], dan tiba-tiba sudah sampai di jalan tol menuju Ancol.  Jalan terus, terus - lewat pelabuhan Tanjung Priok dan akhirnya sampai di Station Priok


 


STATION TANJUNG PRIOK


 


Suasana di depan Priok Train Staion semrawut,  Mungkin, kalau gak salah, karena letaknya berseberangan dengan terminal bis Priok.  Turun-turun dan semua digiring dan di ‘critani’ Pak Alwi Shahab tentang sejarah station ini di depan pintu masuk bangunan station, yang pintunya sudah rusak dan tidak bisa dibuka.  So, untuk ‘menikmati’ suasana station dari dalam, kami harus menggunakan pintu samping.


 


Keadaan didalam station tidak jauh dari bayangan saya.  Kotor, kumuh, tak terawat.  Eman-eman, sayang sekaleeee, padahal bangunannya masih ‘pengkuh’.  Kalau dirawat, dibersihkan, pasti cantik, karena ‘saudara-saudara’-nya yang ada di Belanda sana, masih bagus-bagus dan terawat …. J  Jalan sana-sini, potret sana-sini, sambil membayangkan dahulu kala, ketika tempat ini masih dipakai.


 


STATION PRIOK – MARUNDA


 


Waktu kunjungan habis.  Ayo, ayo, naik lagi ke bis.  Perjalanan dilanjut ke rumah si Pitung.  Gak tau lewat mana aja, yang saya ingat adalah, lewat sekolah STIP[?], kalau gak salah dulu namanya IIP, yang dulunya di Jl. Gunung Sahari, yang bekas sekolahan IIP lama sudah dibangun WTC Mangga Dua.  Di depan sekolah STIP ada papan bertuliskan ‘you are entering English speaking area’.  Dari STIP bis belok kanan, lewat jalan yang tak terlalu lebar dan sampailah di sebuah area parkir, dimana sudah ada mobil Metro-TV J, tapi bukan untuk meliput BatMus!


 


Rumah si Pitung yang sudah kelihatan dari jauh, rumah panggung dari kayu berwarna merah.  Melewati jembatan gantung yang sederhana, kemudian melewati jalan kecil yang diapit oleh 2 buah tambak [atawa air pasang?], sampailah di rumah si Pitung.  Mungkin, mungkin lho, rumah Pitung ini dulu persis dipinggir pantai.  Tapi karena pendangkalan pantai, jadinya seperti di daratan.


 


Sampai di halaman rumah Pitung, kembali Pak Alwi bercerita.  Sementara pak Alwi bercerita, ada yang asyik mendengarkan, ada yang asyik photo-photo.  Cerita selesai.  Para BatMus kemudian diarahkan untuk menyerbu ‘suguhan’ yaitu: teh kotak, combro, misrok atawa cemplon [bahasa Jawa] dan pisgor.  Semua enak, tapi paling enak combronya.  Bu Wisda, saya makan combro 2 lho!


 


Biar ‘tamasya’-nya lengkap, harus masuk rumah Pitung.  Sebetulnya males, karena musti buka sepatu, tapi ya dilakoni aja.  Naik tangga ke beranda depan, kemudian ada pintu, masuk ke ‘ruang keluarga’.  Dibelakang ruang keluarga ada kamarnya Pitung.  Kemudian ruangan lagi, mungkin ruang makan, terus paling belakang ruang untuk duduk-duduk santai sambil melihat laut.  Lho, kok gak ada dapurnya?  Rumah panggung ini berlangit-langit pendek, jadi harus hati-hati, musti agak merunduk.  Kalau tidak bisa kejedhut dan benjut.


 


Jam 11:30 an.  Adep: Kita kembali ke bis, karena air sudah mulai pasang.  Ternyata, oh ternyata, sebagian jalan keluar dari halaman rumah Pitung sudah mulai digenangi air.  Yah, mau naik pager seperti BatMus yang muda-muda tak bisa dan tak berani.  Ya terpaksa  ‘ngrubyuk’ genangan air sepanjang kira-kira se-meter, sedalam 2cm. Jinjit-jinjit 4 langkah dan hup… loncat ditempat kering.  Ternyata Dini, Galuh, Pak Alwi dan Papa Oen melewati jalan pintas ini juga.  Slamet, sepatu basah sedikit, tapi gak tembus.


 


MARUNDA – KAMPUNG/GEREJA TUGU


 


Kelihatannya jarak Marunda dan Kampung Tugu tidak terlalu jauh, kira-kira 10 menit pejalanan.  Sampai di gereja Tugu, disambut musik keroncong.  Rasanya ‘nyes’ hati ini mendengar musiknya yang mendayu-dayu.  Setelah sambutan di halaman gereja, rombongan dibawa masuk ke dalam gereja, untuk mendengarkan cerita tentang sejarah gereja Tugu.  Saya membayangkan saat itu, ketika ada kali di depan gereja dan orang-orang pergi kebaktian naik perahu.  Pasti saat itu airnya masih bening, tidak hitam dan bau seperti sekarang ini.


 


Acara ‘resmi’ selesai, disambung makan siang.  Sebelum makan, saya ke belakang mimbar dan naik ke mimbar untuk mencoba ‘acoustic’-nya.  Ternyata, menurut beberapa Batmus yang masih di dalam gereja, suaranya dari bawah terdengar jelas.


 


Makan siang, nasi bogana, dibungkus daun.  Makannya dibawah pohon besar, sambil mendengarkan musik kroncong.  Wah, nikmat sekali.  Terus ada Ibu Alit [yang memang berbadan kecil] nyanyi.  Suaranya bagus lho.  Ech, baru saja selesai makan, saya dipanggil disuruh ‘menyumbangkan’ suara.  Gimana ini, suaranya disuruh sumbang.


 


Makan sudah, nyanyi sudah, terus apa lagi.  Oh ya … ikut photo-photo ‘keluarga’ tanpa spanduk.  Yang motret banyak amat.  Ya udah, duduk terus ditangga, sampai tak ada lagi tustel yang mengarah ke kami-kami yang berphoto.


 


Tepat jam 1:30pm para BatMus berpamitan pada ‘orang-orang Tugu’.  Ech, baru mau duduk, ada orang panggil-panggil: ‘pak Agni, pak Agni’ -  lho, ternyata pemain bass kroncong kenal sama Papa Oen [tapi papa Oen-nya lupa, ketemu dimana].  Ternyata pak pemain bass ini, pernah mengiringi lagu Jali-jali dengan keroncong, ketika gereja kami memperingati 17 Agustus, kalau tidak salah 3 tahun lalu.  Ya ampun, wong jauh-jauh di Tugu kok ada yang kenal hehehe …..


 


TUGU – BEOS


 


Balik ke BEOS lewat tol Ancol lagi.  Sampai di BEOS, berakhir sudah ‘tamasaya’ hari ini.  Para BatMus saling bersalaman berpamit-pamitan.  Terus jalan berbondong-bondong ke halte Trans Jakarta.  Halte ‘diserbu’ para BatMus. 


 


BEOS – RATU PLAZA


 


BatMus yang se-bis dengan kami adalah bapak dengan putrinya yang cantik, turun di Gajah Mada, kemudian sepasang suami-isteri dengan putrinya yang juga cantik, turun di halte Hilton Hotel.  Sorry, lupa namanya, padahal satu bis no. 3 lho.  Mas Agni & saya turun di Ratu Plaza


 


RATU PLAZA – PU


 


Sampai di halte Ratu Plaza, masih harus nunggu KOPAJA 66 yang lewat depan kantor PU.  Untung nunggunya gak terlalu lama.  Gak sampai 5 menit sudah sampai di PU.  Turun, nyebrang, ambil mobil, pulang deh.


 


RUMAH


 


Sampai di rumah kira-kira jam 15:00 an.  Saya langsung mandi.  Habis mandi masuk kamar, tiduran sambil nonton TV.  Mas Agni pesan: ‘nanti jam 17:00 bangunin ya, aku tak nonton Global-TV’.  Terpaksa saya tidak tidur, padahal ngantuk sekali, sudah sampai liyer-liyer, tapi tetap bertahan, takut ketinggalan berita Global-TV.  Tapi, sampai lewat jam 18:00 gak juga ada beritanya …. diapusi, dibohongi, dikibuli, ditepu, di … apalagi.


 


[diselesaikan 6 Feb 06 – jam 18:45 waktu Taman Asri]


9 comments:

  1. whahahwhhahahah tenik ngawur! iki mesti ketularan mas-e: pak car-tea! hahahahahah

    ReplyDelete
  2. apik ten ceritane, gampang diwoco (ora suk-sukan tulisane)

    ReplyDelete
  3. yen arep maca critamu-pun, tulisane selalu tak gedein dulu, ben gampang membacanya .... maklum mata tua. kan udah eyang ... cucunya sudah 11!!!!

    ReplyDelete
  4. Hik..hik...hik..gag iso melu... (lhoo hari itu aku ngapain ya ??)

    ReplyDelete
  5. dia tanggal tersebut tidur Mama Oen (hehehe lapor gitu )

    ReplyDelete
  6. Habis kamunya juga gak ada sih ... jadi Rachmat mendingan tidur .... ya Mat ya....

    ReplyDelete
  7. He he he iya ya......penyakit hari minggu......jadi bangsawan alias bangsane tangi awan.

    ReplyDelete