Monday, October 10, 2005

TULISAN

Tulisan


 


Asyik lho, punya hobby membaca.  Bukan hanya baca buku asyik, tapi baca tulisan-tulisan di pinggir jalan.  Hobby ini bisa menghilangkan stress ketika jalanan lagi macet.  Iklan-iklan kecil disepanjang jalan itu banyak lucunya.  Sok-sokan pakai bahasa Inggris, padahal pakai bahasa Indonesia pun kadang-kadang gak bener.  Contohnya:


 


Tenda bakso di daerah Pondok Cabe tertulis besar-besar: SEDIA BAKSO KUWAH!!!  Pasti yang nulis ‘ngeyel’.  Dia menulis sesuai dengan pendengarannya.  Coba ucapkan ‘kuah’.  Kelihatannya pakai ‘w’ kan?  Nah, dia suruh nulisnya juga pakai ‘w’.


 


Di jalan Joglo Raya ada tukang kunci, didepannya ada tulisan: POWWER WINDOW, SENTRALOCK ….   Mbok ya tanya sama orang sekolahan, tulisan yang bener yang bagaimana.  Atau mereka sudah merasa bener yak …..


 


Sekarang ini banyak sekali orang jualan ayam goreng tepung, seperti KFC, pakai gerobak-gerobak di pinggir-pinggir jalan.  Di Kompleks Larangan Indah ada yang gerobaknya bertulisanan FRIED CHIFKEN, sedangkan di Taman Asri FRIED CHIKKEN.  Itupun tulisannya dipisah, karena tidak muat, jadi FRIED CHIK, terus dibawahnya KEN.  Hahahaha….   Lha mbok khusus datang ke KFC dan contoh tulisannya.


 


Dulu ada penjahit di Taman Asri yang bikin tulisan-nya sok Inggris.  Saya lupa nama penjahitnya, tapi tulisannya adalah: X Tailor – Ledies and Geant …… padahal dibikin dengan tulisan bagus dan pakai neon segala … tapi ejaannya salah ….. kasihan deh ….


 


Ada lagi … kira-kira tahun 1993-94, kami berwisata di Gedong Songo, Ungaran.  Ada sebuah warung lesehan, persis dipinggir kanan setelah masuk pintu gerbang.  Menunya tertulis dalam 2 bahasa, Inggris dan Indonesia, dalam 2 lembar kertas berbeda.  Yang berbahasa ‘Inggris’ bunyinya begini:  SEDIA: Rabit sate, Ricefak, Suweet tee, Ndet is mai mat.  Lha kalau orang asing berkunjung ke situ, apa mereka tidak bingung, lha wong kita saja bingung?  Untung ada terjemahan bahasa Indonesia dikertas sampingnya: SEDIA: sate kelinci, lontong, teh manis, tikar tidak sewa …… hahaha…. terbtata ‘ndet is mai mat’ itu artinya – ini tikar saya, tidak perlu sewa ….. J


 


Tulisan-tulisan yang banyak ditemukan di jalan-jalan tersebut menyadarkan kita, betapa tingkat pendidikan di negara kita tercinta ini masih rendah dan tidak merata.  Kasihan deh …. dan memprihatinkan.

7 comments:

  1. HUAHAHAHA ngawur tenan ya. sepertinya pengen ngenggris supaya keliatan mentereng, tapi malah ngaco dan mbingungi. mesakke.

    ReplyDelete
  2. hahahaha.... lucu banget.
    biar aja lah orang2 nulis iklan salah2.. biar kita bisa ketawa-ketawa.. hiburan.. kalo ngga kan ngga da hiburan.. hihi. dasar gue egois ya.

    ReplyDelete
  3. hahaha.. ini asli ngaco.. sampe bingung bacanya...
    btw, thanks for sharing & salam kenal ya.

    ReplyDelete
  4. saya lagi koleksi photo tulisan salah. nanti kalau sudah cukup banyak, tak pasang di multiply-ku .... biar sama-sama ketawa ya jeng..... :)

    ReplyDelete
  5. baca ini lucu..
    jadi inget di komplek ada yang jualan BESIN, trus ada PASANG POMPA ZET PAM dan kost-kostan KARIAWATI hihihi..

    mba met kenal juga ya.. rumahnya daerah mana? aku pondok aren tiap hari lewat ciledug raya

    ReplyDelete
  6. salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir.
    saya tinggal di taman asri, cipadu.
    coba mulai baca-baca sepanjang jalan, biar gak stress dengan jalanan

    ReplyDelete